Sel. Sep 28th, 2021

12 Keutamaan Ayat Kursi, Sayang Jika Tak Diamalkan Tiap Hari!

CorongIslam,-Surat Al-Baqarah ayat 255 lebih dikenal secara luas sebagai Ayat Kursi. Seperti yang diketahui, ayat ini merupakan bagian Alquran yang sangat spesial.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa ayat ini merupakan ayat yang paling penting di dalam Alquran. Bahkan, Ayat Kursi merupakan salah satu dari empat bagian Alquran yang melekat pada Arsh (Tahta Allah).

Dari segi isi, Ayat Kursi menyampaikan mengenai keesaan dan kekuasaan Allah SWT. Allah merupakan Tuhan yang Esa dan tak ada kesulitan untuk mengatur apapun yang ada di alam semesta.

Berikut terjemahan Ayat Kursi dalam bahasa Indonesia:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur.

Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar.”

Tak hanya mulia, Ayat Kursi juga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sering membacanya baik pagi maupun petang akan membuat hidup tentram dan jauh dari kemiskinan.

Bahkan, Ayat Kursi memiliki 12 keutamaan sekaligus. Apa saja?

1. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa membaca 4 ayat pertama Surat Al-Baqarah, lalu Ayat Kursi, dan kemudian 3 ayat terakhir Surat Al-Baqarah, tidak akan mengalami kesulitan apapun dalam kekayaan atau dirinya sendiri, setan tidak akan datang dekat dia dan dia tidak akan meulapakan Alquran”.

2. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Alquran adalah kata yang luar biasa, dan Surah Al-Baqarah merupakan pemimpin Alquran dan Ayat Kursi adalah pemimpin Surat Albaqarah. Dalam Ayat Kursi ada 50 kata dan tiap kata ada 50 berkah dan kebaikan di dalamnya”.

3. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hal-hal ini menambah daya ingat seseorang: manisan, daging hewan di dekat leher, Adas, roti dingin, dan membaca Ayat Kursi”.

4. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika seseorang membaca Ayat Kursi sebelum tidur, Allah akan mengirim malaikat untuk datang dan menjaga, serta melindungi”.

5. Seseorang yang membaca Ayat Kursi di waktu pagi, maka Allah SWT akan melindunginya hingga malam.

6. Orang yang sering membaca Ayat Kursi akan mudah dalam kematiannya (sakratul maut).

7. Jika dibacakan untuk orang yang telah meninggal, Ayat Kursi bisa menjadi hadiah untuk mereka dan memberikan cahaya di alam kubur.

8. Ketika meninggalkan rumah, jika seseorang membacanya sekali, Allah SWT akan mengirimkan sekelompok Malaikat untuk datang dan melindungi orang tersebut. Jika dibacakan dua kali, 2 kelompok Malaikat ditugaskan untuk melakukan ini. Jika dibacakan 3 kali, Allah SWT memberi tahu para Malaikat untuk tidak khawatir karena Allah SWT sendiri yang akan melindunginya.

9. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ketika meninggalkan rumah, jika seseorang membaca Ayat Kursi, maka Allah akan mengirimkan 70.000 Malaikat untuk beristighfar untuknya sampai dia kembali ke rumah, dan sekembalinya kemiskinan akan dihapus darinya”.

10. Seseorang yang membacanya setelah salat, maka salatnya akan diterima. Ia juga akan diberi keselamatan dan dilindungi oleh Allah SWT.

11. Allah berfirman kepada Nabi Musa AS, “Jika seseorang membacanya setelah setiap salat, Allah SWT akan membuat hatinya bersyukur, akan memberinya pahala para nabi, dan perbuatannya akan seperti orang-orang yang benar”.

12. Saat sendirian di rumah, kemudian membaca Ayat Kursi dan meminta bantuan Allah, orang tersebut akan tetap tenang dan tidak merasa takut.

Sungguh banyak keutamaan dan manfaat membaca Ayat Kursi bagi kehidupan manusia. Tentu akan sangat disayangkan jika tak membaca dan mengamalkannya tiap hari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *